Musik “Indie”

Sekarang ini musik indie lebih bisa diterima masyarakat.
Banyak band Indie juga yang sering mengisi acara pensi (pentas seni) sekolah.

Kata “indie” merupakan kependekan dari independent”,atau kata kata “indie” sering dipadankan dengan seni seperti musik ,karya sastra,dan film,Istilah “indie” untuk musik mengacu pada jenis musik diluar arus utama dan secara finansial tidak bergantung pada perusahaan rekaman atau “label” yang memiliki nama besar.

Alhasil jenis musisi relatif beragam dan tampil berbeda dibandingkan dengan musisi arus utama.Nama band mereka pun bisa dikatakan kreatif dan tidak selalu mementingkan keindahan atau enak didengar.
Nama band indie justru sering nyeleneh,lucu,dan ajaib.Misalnya Efek Rumah Kaca,Payung Teduh,Cermin,Honeybeat,Buronan Mertua,dan lain sebagainya.

Dan ada pula band indie yang ketenarannya menyamai band-band dari label besar seperti :
Naif,Burgerkill,Mocca,Shaggy Dog ,Superman Is dead,Gugun Blues Shelter,Killing Me Inside,The SIGIT,White Shoes and The Couples Company,dan Endah n Rhesa
Karena sekarang musik indie lebih bisa diterima masyarakat,walaupun banyak alasan musik indie khas anak muda,musik indie mampu menyuarakan apa yang mereka tak dapat ucapkan.musisinya berani ,independent,dalam lirik musik indie umumnya bukan berisi barisan kata-kata yang menggambarkan kegalauan hati karena cinta antara lelaki dan perempuan.Namun ada kalangan tertentu mengaku tidak menyukai musik indie ,biasanya banyak band indie mereka disebutnya band pemula sehingga musiknya tidak akrab ditelinga.soal taste,selera pasti semua orang berbeda-beda pandangannya .
Perjuangan mereka untuk menjadi lebih dikenal bukan hanya di pementasan/ panggung melainkan juga melalui dunia maya.reverbnation,soundcloud,dan menjadi band indie tak berarti santai…
Indie Memiliki jadwal padat mesti rajin menginformasikan event ,Gigs kepada penggemar melalui berbagai media,jejaring sosial.

Festival dan Klinik Musik
Mungkin tak semua orang tahu bahwa band-band indie sering berkumpul dalam salah satu festival atau klinik musik.Bahkan ,ajang semacam ini terlaksana di tingkat daerah,tetapi juga dalam skala nasional,bahkan beberapa sudah berkiprah di internasional.

Pada dasarnya musik tak memiliki batasan .Hidup musik indie
Lirik frontal,
Menciptakan pasar,
Berani berkarya,
Bukan tiruan,

Kutipan “argumentasi kampus”
Kompas ,selasa 2 juli 2013
Follow twitter @kompaskampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TENS tweet

%d bloggers like this: